-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Perbedaan 5G Dan NA Teknologi Jaringan Era Baru

Posting Komentar
Teknologi saat ini kian berkembang  pesat. Pergerakan  teknologi akan terus bergulir ke arah yang lebih baik. Salah satunya adalah Network yang tidak bisa terlepas dari Teknologi. Sebelum-sebelumnya jaringan 5G ini terus menjadi bahan perbincangan hingga awal tahun 2021. Yang perlu kita perhatikan sebagai kaum yang masih mencari tahu  apa itu Jaringan dengan Teknologi 5G ini, mulai dengan mengenal Teknologi Jaringan 5G?


Perbedaan 5G Dan NA Teknologi Jaringan Era Baru


Teknologi Jaringan 5G
Teknologi jaringan 5G ini merupakan teknologi generasi ke 5. Generasi ke lima ini di harapkan mendapatkan dan pastinya harus lebih baik dari sebelumnya atau pendahulunya. Mulai santai ya kita bahasnya, Kecepatannya pun gak main main tingginya  bisa mencapai Gbps (Gygabyte per second). Kalau untuk 4G masih digunakan kecepatan datanya 1 Gbps kan. Kalau 5G ini bisa sampai bergiga giga. Dengan puncak kecepatannya mencapai 20 Gbps. Kebayang gimana cepatnya. Adu cepat nyeduh kopi sama download cepetan mana??

Perbedaan NSA dan SA
Beberapa negara mulai memastikan penggunaan NAS (Non-Standalone) tetapi ada juga yang menerapkan SA (Standalone). Perbedaannya pada gelombang pertama pada jaringan dan juga perangkat dan kemudia  diklasifikasikan sebagai NSA. 


Perbedaan 5G Dan NA Teknologi Jaringan Era Baru


Yang menjadi pertanyaan begini pak, apakah semua spectrum frekuensi nya sama besar di setiap  daerah atau negara? Karena tiap negara berbeda-beda ketersediaan zona frekuensinya. Di Indonesia menjadi tantangan besar mulai  dari segi biaya, kinerja jaringan, keberadaan frekuensi dan lain yang menjadi pendukung. Spektrume frekuensi ini bisa kita katakana sebagai millimeter wave. Jaringan SA memiliki keunggulan pada penyederhanaan dan efisiensinya menjadi lebih baik, salah satunya mengenai biaya, kinerja troughput nya pun meningkat.

Setiap teknologi pasti ada resiko dan ada keuntungan serta kelemahannya. Keuntungan menggunakan metode Standalone penyederhanaannya dan peningkatan effisiensinya yaa salah satunya dari pengembangan latensi atau URLLC (ultra-reliable low latency communications).
Ada beberapa manfaat yang bisa didapat di 5G NSA
1. Konektivias berkecepatan tinggi 
2. Memanfaatkan investasi jaringan dalam transportasi dan inti seluler
3. Pastinya menghemat waktu

Untuk NSA dan SA, teknologi jaringan radio (NR) baru digunakan. Radio baru akan memenuhi kebutuhan bandwidth tinggi seperti VR, video 8-12K, dll, yang disebut eMBB (Enhanced Mobile Broadband).

Untuk operator seluler yang mencari konektivitas berkecepatan tinggi terutama untuk pelanggan mereka, penerapan 5G NSA sudah cukup di awal. Namun, handset dan perangkat berkemampuan 5G akan dibutuhkan.

Technow berpendapat untuk mempersiapkan ledakan bandwidth video 5G adalah menggunakan antarmuka 100 Gbps untuk 5G NSA.

Penerapan 5G "sebenarnya" adalah Stand Alone (SA) karena membawa semua kemungkinan kasus penggunaan ke jaringan seluler 5G, seperti throughput tinggi, komunikasi latensi rendah, IoT masif, pemotongan jaringan, dll. Itulah mengapa Technow-IT memperkenalkan platform pengujian pertukaran sinyal 5G untuk 5G SA yang memungkinkan beberapa skenario dan pengujian kasus penggunaan.

Keuntungan Untuk Anak Kostan
Ya anak kost kita tau lah seperti apa senang dengan rebahan karena banyak kegiatan bukan. Kapasitas yang semakin berkembang di era teknologi saat ini dan sudah di sampaikan sebelumnya, 5G ini mampu menghubungkan  dengan virtual reality (VR) Internet of Things dan juga AI (artificial  Interligence) yang saat ini berkembang di setiap negara.

Selain itu pun dengan yang kita senang bermain game online ini akan menjadikan sarana yang luar biasa bukan. Mempermudah dan melancarkan rasa bermain yang tanpa buffer sedikitpun.



Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter