-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Android 12 Beta 2 menghadirkan privasi baru Google I/O

Posting Komentar

Pada saat konferensi, Google mengakhiri rilis OS Android terbarunya: Android 12. Dengan desain yang dapat disesuaikan yang berpusat di sekitar Google Material You ke sejumlah besar fitur privasi baru, Android 12 akan menjadi rilis OS terbesar Google selama bertahun-tahun. Meskipun Google memang merilis Android 12 Beta pertama di acara tersebut, sebagian besar fitur privasi baru tidak ditampilkan di Google I/O. Itu berubah hari ini dengan rilis Android 12 Beta 2.


Android 12 Beta 2 menghadirkan privasi baru Google I/O

tampilan menu dan bar pada Android 12 beta 2



Google merilis Android 12 Beta kedua sebelumnya hari ini, dan siaran pers menekankan penambahan fitur privasi baru termasuk dasbor privasi serta matikan dan indikator untuk mikrofon dan kamera. Di antara perubahan lainnya, ada juga pengalaman Wi-Fi yang dirubah. Inilah yang baru di Android Beta 2:

  • Dasbor privasi: Halaman ini menunjukkan data apa yang telah diakses di ponsel Anda dan seberapa sering data tersebut diakses. Ini memiliki tampilan garis waktu sederhana dari semua akses ke mikrofon, kamera, dan lokasi perangkat dalam 24 jam terakhir. Halaman ini juga membantu pengguna melihat mengapa aplikasi mengakses data sensitif dan melakukan penyesuaian izin dengan lebih cepat. Pengembang dapat memberikan penjelasan mengapa aplikasi mereka menangani data sensitif dengan merespons maksud sistem baru ACTION_VIEW_PERMISSION_USAGE_FOR_PERIOD. Pengembang juga disarankan untuk melacak akses dalam kode mereka dan di perpustakaan pihak ketiga dengan memanfaatkan API Audit Data Android.Dasbor privasi di Android 12 Beta 2.
  • Matikan dan indikator mikrofon dan kamera: Anda akan melihat indikator di bilah status saat mikrofon atau kamera sedang digunakan di perangkat Anda. Anda juga akan memiliki akses ke ubin Pengaturan Cepat yang menonaktifkan akses kamera atau mikrofon. Pengembang disarankan untuk meninjau penggunaan mikrofon atau kamera aplikasi mereka dan menghapus penggunaan yang tidak perlu.
  • Pemberitahuan pembacaan clipboard: Android 12 Beta 2 sekarang akan menampilkan pesan toast di bagian bawah setiap kali aplikasi membaca clipboard menggunakan metode getPrimaryClip(). Pesan toast tidak akan ditampilkan jika clipboard disalin dari aplikasi yang sama. Untuk menghindari dipermalukan di media sosial, pengembang disarankan untuk meminimalkan pembacaan aplikasi mereka dari clipboard.
  • Pengalaman Wi-Fi UX yang diperbarui: Android 12 beta kedua telah menambahkan "pengalaman konektivitas yang lebih sederhana dan lebih intuitif di Bilah Status, Pengaturan Cepat, dan Pengaturan." Ada panel Internet baru yang muncul saat Anda menekan lama pada ubin Pengaturan Cepat Internet (ubin ini sebelumnya bernama "Wi-Fi" di rilis sebelumnya). Panel ini membantu Anda dengan cepat beralih antar jaringan dan memecahkan masalah tanpa masuk ke pengaturan. Panel internet di Android 12 Beta 2

Dengan dirilisnya Android 12 Beta 2, kini tersisa dua Beta lagi hingga rilis stabil akhir tahun ini. Rilis Platform Stability akan diluncurkan pada Agustus 2021 bersamaan dengan apa yang mungkin disebut Beta 4. Ketika itu terjadi, perilaku sistem yang menghadap aplikasi, API SDK/NDK, dan daftar non-SDK akan diselesaikan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang garis waktu rilis Android 12 beta di sini.


Android 12 Beta 2 menghadirkan privasi baru Google I/O


Android 12 Beta 2 tersedia mulai hari ini untuk ponsel Google Pixel yang didukung, yang meliputi Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a 5G, dan Pixel 5. Beta 1 tersedia untuk beberapa ponsel dari pembuat ponsel lain, tetapi Google menyerahkannya kepada OEM untuk mendorong pembaruan ke Beta 2. Perangkat non-Pixel yang menerima Beta 1 adalah: ASUS ZenFone 8, iQOO 7 Legend, OnePlus 9, OnePlus 9 Pro, OPPO Find X3 Pro, Realme GT, TCL 20 Pro 5G, Tecno Camon 17, Xiaomi Mi 11, Xiaomi Mi 11 Ultra, Xiaomi Mi 11 Pro, Xiaomi Mi 11X Pro / Mi 11i / Redmi K40 Pro+, dan ZTE Akson 30 Ultra 5G.

Sebagai catatan, Beta 2 juga tersedia untuk Android TV, sehingga pengembang dapat menjalankan emulator atau mem-flash build ke ADT-3.


Jika Anda mencari tautan unduhan Android 12 Beta, lihat artikel ini. Setelah Anda mengunduh Beta, ikuti panduan ini untuk mempelajari cara menginstalnya. Prosesnya agak mudah untuk ponsel Pixel yang telah mendaftar dalam versi beta melalui situs web Google, tetapi bagi mereka yang perlu melakukan sideload pembaruan untuk alasan apa pun, panduan kami akan mengajari Anda caranya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter